KANKER LEHER RAHIM, PENANGANAN DAN PENCEGAHANNYA

kankerleherrahim

Kanker adalah suatu penyakit degeneratif yang ditandai dengan pertumbuhan tidak terkendali sel tubuh tertentu yang berakibat merusak sel dan jaringan tubuh lain. Semua sel tubuh dapat terkena kanker kecuali rambut, gigi dan kuku. Pada umumnya semua benjolan adalah tumor, tetapi tidak semua tumor adalah kanker. Tumor merupakan pertumbuhan jaringan baru secara spontan tanpa mempunyai fungsi fisologis, tetapi justru dapat menimbulkan gangguan dan bahkan bersifat patologis.

Tumor dapat bersifat jinak , tetapi juga dapat bersifat ganas, jenis inilah yang disebut kanker. Merupakan keganasan mulut rahim yang disebabkan Human Papiloma Virus (HPV). Sampai saat ini, KLR menempati urutan kedua didunia setelah kanker payudara, sedangkan di Indonesia , KLR menempati urutan yang pertama diantara kanker pada wanita. Penyebab KLR 99% adalah Virus Human Papilloma (HPV). Penularan HPV terjadi umumnya melalui hubungan seksual, dan sedikit lainnya melalui pakaian dalam, alat-alat pemeriksaan yang dipakai, serta penularan dari ibu ke anak yang baru lahir melalui jalan lahir. Wanita usia seksual aktif, lebih dari satu pasangan seksual, wanita tidak pernah papsmear, wanita perokok, pernikahan dini, Sering menderita infeksi di daerah kelamin, melahirkan banyak anak, Kebiasaan merokok (risiko dua kali lebih besar), defisiensi vitamin A,C,E.

Kanker serviks pada stadium dini sering tidak menunjukan gejala atau tanda-tandanya yang khas, bahkan tidak ada gejala sama sekali. Gejala yang sering timbul pada stadium lanjut antara lain adalah :
*Pendarahan sesudah melakukan hubungan intim.
*keluar keputihan atau cairan encer dari kelamin wanita.
*Pendarahan sesudah mati haid (menopause).
*Pada tahap lanjut dapat keluar cairan kekuning-kuningan, berbau atau   bercampur darah, nyeri panggul atau tidak dapat buang air kecil.

Bagaimana cara mendeteksi adanya KLR ?

Kanker serviks dapat dikenali pada tahap pra kanker, yaitu dengan cara melakukan antara lain pemeriksaan SKRINING, artinya melakukan pemeriksaan tampa menunggu keluhan. Beberapa medote skrining telah dikenal, yaitu antara lain: PAP SMEAR dan IVA.

PAP SMEAR
Pemeriksaan papsmear adalah sel-sel serviks (leher rahim) yang digunakan untuk skrining ada tidaknya perubahan-perubahan kearah atau menjadi kanker. Pemeriksaan ini sebaiknya dimulai 3 tahun setelah berhubungan seksual. Sebelum usia 30 tahun, setiap tahun dilakukan papsmear. Bila sesudah 3 tahun, hasil papsmear selalu normal, maka pap smear dapat dilakukan 2-3 tahun sekali.

IVA
Singkatan dari Inspeksi Visual Asam asetat, yaitu metode skrining yang mudah, murah, hasil bisa langsung jadi. Pada umumnya dilakukan oleh Puskesmas.

DETEKSI VIRUS HPV/ HPV DNA
Pemeriksaan menggunakan metode PCR, dan dapat dilakukan atas indikasi dan permintaan oleh dokter.

PENCEGAHAN KLR

Pencegahan Primer : Mengenal dan mengeliminasi penyebab KLR, mis : Vaksinasi HPV. Vaksinasi dapat dilakukan mulai umur 11-12 tahun. Idealnya sebelum kontak seksual terjadi (Sebelum perkawinan)
Pencegahan Sekunder : Dengan Melakukan Deteksi Dini ( Pap Smear ).
Pencegahan Tersier : Menggunakan komponen natural atau sintetik untuk menekan atau melawan terjadinya kanker.

PESAN PENTING

Pemeriksaan Pap Smear teratur, cara terbaik untuk mencegah KLR. Hasil Pasmear abnormal, belum tentu menderita kanker. Tes HPV positif, juga belum tentu menderita kanker.

Life Style yang dianjurkan :
1. Pilih makanan yang sehat dan seimbang.
2. Kurangi asupan makanan berlemak tinggi, terutama lemak hewani.
3. Memberikan lingkungan bebas rokok, terutama pada anak2, Hindari makanan beralkohol.
4. Aktif bergerak, lakukan latihan fisik yang teratur dan terukur.
5. Raihlah kebahagiaan, dengan hidup bebas dari stres.
6. Menghindari terlalu banyak terpapar sinar ultra violet.
7. Menjalani vaksinasi terhadap Virus penyebab Kanker Leher Rahim

5 thoughts on “KANKER LEHER RAHIM, PENANGANAN DAN PENCEGAHANNYA

  1. makasih banget, infonya sangat membantu saya untuk memahami ruang gerak KLR coz ka2k saya sekarang sedang kena tuh penyakit. Mohon doa’nya dr temen2 blogger atas kesembuah ka2k saya, makasih

  2. JANGAN PERNAH TAKUT DAN PUTUS ASA…………
    Pengobatan Herbal lebih simpel dan memiliki daya sembuh yang kuat tanpa efek samping meskipun berjalan pelan tepat pada sasarannya. Dan bagi anda/orang tua/saudara/tetangga/sahabat/teman yang sampai saat ini masih mengeluhkan musibah berupa penyakit ringan atau pun berat dan belum mendapatkan solusi/jalan keluar dalam pengobatan, tidak ada salahnya untuk merujuk ke pengobatan herbal sebagai salah satu ikhtiar anda. Dan yang pasti Jangan pernah putus asa, karena setiap penyakit pasti ada obatnya (kecuali maut/kematian). Bila anda memerlukan informasi lebih lanjut bisa menghubunngi di no 021-99826827 (purwo). Terima kasih semoga anda mendapatkan solusi yang terbaik bagi orang yang anda sayangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s